Kuliah Di Cirebon Bisa Belajar Juga Keluar Negeri

Defri Rajamangala University

Dekan Fakultas Ekonomi Unswagati Prof. Ida Rosnidah SE.,ME.,Ak, CA kembali memberikan terobosan kali ini Ia melakukan kerjasama dengan Rajamangala University Thailand. Tujuan Kerjasama ini adalah untuk implementasi program Student Exchange atau pertukaran pelajar dimana mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dalam rentang waktu tertentu. 

Mahasiswa yang beruntung mengikuti program tersebut adalah Ilham Rizki Ramadhan berasal dari Prodi Akuntansi dan Defry Wibowo berasal dari Prodi Manajemen. Keduanya adalah mahasiswa yang terpilih pertama kali untuk mengikuti proses belajar ke luar negeri di tahun 2018.  Durasi waktu belajar mereka disana selama kurang lebih 5 bulan, dimana mereka akan mengikuti proses belajar sebagaimana mahasiswa disana.

bagaimana keseruan perjalanan dan pengalaman selama mengikuti program student exchange ? berikut sharing pengalaman mereka.

berikut adalah sepenggal cerita dari Defri Wibowo peserta Student Exchange universitas Rajamangala Thailand.

awalnya  ada informasi dari kampus mengenai program student exchange, lalu saya mencoba memberanikan diri untuk ikut, dan melalui seleksi diantaranya: IPK, TOEFL, kesehatan, SKCK POLDA, Passport, Visa Education dan wawancara. setelah semua persyaratan terpenuhi kemudian Alhamdulillah di pilih untuk mewakili kampus Unswagati untuk student exchange ke Thailand. 

Selama perjalanan banyak menjumpai hal baru yang tentunya menmbah pengalaman dan juga keberanian dalam menjalani hidup. Baik selama perjalanan dari indonesia ke thailand. 

Kemudian setelah tiba di Thailand banyak menjumpai orang-orang dari berbagai negara, ada dari Australia, amerika, china, myanmar, dubai dan tentunya org thailand. Belajar banyak dr mereka yg berlatar belakang kebudayaan yg berbeda dn bahsa. Sungguh pengalaman yg luar biasa. 

Harapan saya ikut Student Exchange ini bsa menambah ilmu, dunia luar yang memang sangat kompleks berbeda, tapi justru dengan perbedaan itu menjadi indah dan tak terlupakan dalam hidup. 

Pesan Saya ada dua:

Untuk Unswagati teruslah menjadi pelopor pendidikan yg bermutu dengan selalu meningkatkan kualitasnya dan menciptakan mahsiswanya untuk terus berkarya dan menciptakan hal baru yg bermanfaat untk sesama. 

Untuk Mahasiswa

Mari kita selalu berjannji kepda diri sndiri untuk terus meningkatkan kualitas diri kita, jangan malas. Jangan cepat puas diri. Karena di luar sana banyak yang lebih berkelas dari kita. Dengan terus meningkatkan kualitas diri kita, akan mampu juga meningkatkn kualitas negara kita di kancah internasional. Mari kita terus berjuang menjadi pelopor generasi emas indonesia. Bismillahi Tawakkaltu Alallah.. Amien. 

Thankyou for all my teachers and friends. We are the best

 

Sumber : Yono Maulana